Preferensi Mahasiswa Stie Kasih Bangsa Dalam Menentukan Pemilihan Operator Seluler
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v15i1.97Keywords:
Operator Seluler, Analisis Hierarchy Proses (AHP)Abstract
Penggunaan operator seluler pada saat ini sudah menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kelancaran dalam berkomunikasi, perkembangan pada bidang teknologi dan informasi kini sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk pada kalangan mahasiswa, berbagai jasa layanan ditawarkan perusahaan telekomunikasi untuk menjadikan produk operator seluler menjadi prioritas dalam pemilihan operator seluler, untuk menentukan alternatif yang menjadi prioritas dalam pemilihan operator seluler terbaik digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).
Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu metode pengambilan keputusan terhadap masalah penentuan prioritas pilihan dari berbagai alternatif. Penggunaan AHP dimulai dengan membuat struktur hirarki dari permasalahan yang ingin diteliti. Matriks perbandingan berpasangan digunakan untuk membentuk hubungan di dalam struktur. Pada matriks perbandingan berpasangan tersebut akan dicari bobot dari tiap-tiap kriteria dengan cara menormalkan rata-rata geometri dari pendapat responden. Pada proses menentukan faktor pembobotan hirarki maupun faktor evaluasi, uji konsistensi harus dilakukan (CR < 0,100).
Penerapan AHP dalam penelitian ini adalah menetukan urutan prioritas perusahaan operator seluler yang diminati mahasiswa STIE Kasih Bangsa dalam penggunaan operator seluler. Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa, Telkomsel menjadi operator seluler paling diprioritaskan dengan minat mahasiswa (70,2 %), kedua ditempati oleh operator seluler dari XL (19,6 %), dan terakhir adalah Indosat (10,2 %).
Downloads
References
Lupiyoadi, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik), Salemba Empat, Jakarta.
Persulessy, Grace,.2008, Analisis Faktor-Faktor Yang Keputusan Konsumen Dalam Memilih Operator Seluler, jurnal fokus ekonomi (7) , hal. 157.
Saaty, Thomas L.,. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Seri Manajemen No. 134.PT. Pustaka Binaman pressindo, Jakarta
Tjiptono, Fandy., 2007. Strategi Pemasaran, Andi Ofset. Yogyakarta.
, 2001, Strategi Pemasaran, Andi. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 STIE Kasih Bangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.