Preferensi Mahasiswa Stie Kasih Bangsa Dalam Menentukan Pemilihan Operator Seluler

Authors

  • Mohammad Chaidir STIE Kasih Bangsa
  • Avvan Andi STIE Kasih Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v15i1.97

Keywords:

Operator Seluler, Analisis Hierarchy Proses (AHP)

Abstract

Penggunaan operator seluler pada saat ini sudah menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kelancaran dalam berkomunikasi, perkembangan pada bidang teknologi dan informasi kini sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk pada kalangan mahasiswa, berbagai jasa layanan ditawarkan perusahaan telekomunikasi untuk menjadikan produk operator seluler menjadi prioritas dalam pemilihan operator seluler, untuk menentukan alternatif yang menjadi prioritas dalam pemilihan operator seluler terbaik digunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu metode pengambilan keputusan terhadap masalah penentuan prioritas pilihan dari berbagai alternatif. Penggunaan AHP dimulai dengan membuat struktur hirarki dari permasalahan yang ingin diteliti. Matriks perbandingan berpasangan digunakan untuk membentuk hubungan di dalam struktur. Pada matriks perbandingan berpasangan tersebut akan dicari bobot dari tiap-tiap kriteria dengan cara menormalkan rata-rata geometri dari pendapat responden. Pada proses menentukan faktor pembobotan hirarki maupun faktor evaluasi, uji konsistensi harus dilakukan (CR < 0,100).

Penerapan AHP dalam penelitian ini adalah menetukan urutan prioritas perusahaan operator seluler yang diminati mahasiswa STIE Kasih Bangsa dalam penggunaan operator seluler. Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa, Telkomsel menjadi operator seluler paling diprioritaskan dengan minat mahasiswa (70,2 %), kedua ditempati oleh operator seluler dari XL (19,6 %), dan terakhir adalah Indosat (10,2 %).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lupiyoadi, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik), Salemba Empat, Jakarta.

Persulessy, Grace,.2008, Analisis Faktor-Faktor Yang Keputusan Konsumen Dalam Memilih Operator Seluler, jurnal fokus ekonomi (7) , hal. 157.

Saaty, Thomas L.,. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Seri Manajemen No. 134.PT. Pustaka Binaman pressindo, Jakarta

Tjiptono, Fandy., 2007. Strategi Pemasaran, Andi Ofset. Yogyakarta.

, 2001, Strategi Pemasaran, Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

20-07-2022

How to Cite

Chaidir, M. ., & Andi, A. . (2022). Preferensi Mahasiswa Stie Kasih Bangsa Dalam Menentukan Pemilihan Operator Seluler. Studia Ekonomika, 15(1), 62–75. https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v15i1.97

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>