Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa/I SMK Dewi Sartika
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v22i1.182Keywords:
Blended learning, Motivasi Belajar, MinatAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menilik dan menganalisis pengaruh dari model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa/i SMK Dewi Sartika. Analisis kuantitatif digunakan untuk memeriksa data yang diambil dari data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan tidak homogen, maka teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Hal ini karena terdiri dari beberapa jurusan, yakni TKJ, Akuntansi, BDP, Perkantoran, dan Kurikulum Merdeka dengan jumlah sampel 122 siswa/I SMK Dewi Sartika. Analisis data menggunakan software SPSS Versi 27 untuk uji instrumen, analisis deskriptif dan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis/statistik. Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Uji-t (parsial) dengan SPSS versi 27. Nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t-tabel atau 1,651 < 1,98010 dan signifikansinya lebih kecil dari 0,05 atau 0, 101 < 0,05. Dan motivasi belajar secara parsial dan juga secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa/i SMK Dewi Sartika. Berdasarkan Uji-T (parsial) dengan SPSS versi 27, nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel, yaitu 12,124 > 1,98010, dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Ini berarti motivasi belajar yang tinggi mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
Downloads
References
Badrus, B., & Arifin, Z. (2021). The Effect of The Blended Learning Model on The Improvement of Student Learning Outcomes. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 108–116. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.836
Bernard, R. M., Borokhovski, E., Schmid, R. F., Tamim, R. M., & Abrami, P. C. (2014). A meta-analysis of blended learning and technology use in higher education: From the general to the applied. Journal of Computing in Higher Education, 26(1), 87–122. https://doi.org/10.1007/s12528-013-9077-3
Biggs, J. (1999). Teaching for Quality Learning at University. Assessing for learning quality: II. Practice. Teaching for Quality Learning at University, January 2003, 165–203.
C.R, G. (2020). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In Design, Develop, and Evaluate Effective Blended learning: A Practical Guide. May.
Charles R. Graham (Brigham Young University, USA), S. A. (2005). Benefits and Challenges of Blended learning Environments. https://www.igi-global.com/chapter/encyclopedia- information-science.../14246
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=630363
Dony Novaliendry. (2013). Vol. 6 No. 2 September 2013 ISSN : 2086 – 4981. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118.
Dwiyogo, W. D. (2018). Developing a blended learning-based method for problem-solving in capability learning. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1–10), 51–61. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165753
Fathimatuzzaro, S., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring, Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 190–199. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p190-199
Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853
Hendrik Pandu Paksi, L. A. (2020). Sekolah dalam jaringan. https://books.google.co.id/books/about/SEKOLAH_DALAM_JARINGAN.html?id=_SH_D wAAQBAJ&redir_esc=y
Ilham, I., Idris, U., & Muttaqin, M. Z. (2021). Pandemi di Ibu Pertiwi: Kajian Literatur Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia.
Kasih, E. (2020). The Conformity of Science and Technology Development With Buddhism in Civilization Across Time. SSRN: Philosophy of Religion EJournal. https://doi.org/doi.org/10.2139/ssrn.3788104
Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Blended learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. 97–110.
Mustamin, H., & Sulasteri, S. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan), 1(1), 151–177.
Offline, E., & Learning, M. (2003). Blended. Economist, 366(8308), 61.
Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self-efficacy, and blended learning on students’ achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(8), 71–82. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525
Rizal, M., Ruslaini, & Subhana, A. (2022). Analysis of the Feasibility of Business Idea Application Services Online Workshop “OT Repair” Specifically for Tire Repair and Oil Change in the Province of DKI Jakarta. Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikirian Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2). http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Santoso, S., Qalbia, F., & Benardi, B. (2023). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1). doi:https://doi.org/10.24269/asset.v6i1.7133
Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210.
Simarmata, R. M., Napitupulu, E., Saragih, A. H., Universitas, P., & Medan, N. (2019). Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. 12(2), 186–198.
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.