Bussines Plan Kuliner Nusantara

Authors

  • Ekawahyu Kasih STIE Kasih Bangsa
  • Baginda Philip STIE Kasih Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v6i1.13

Keywords:

Wirausaha, Kuliner, Sumber Daya Manusia

Abstract

Negara maju adalah negara yang mempunyai setidaknya 8% dari jumlah penduduk untuk berwirausaha. Banyak orang melihat bahwa wirausaha itu membutuhkan keahlian, modal dan sebagainya, berwirausaha disini bukanlah harus mempunyai perusahaan yang besar ataupun perusahaan yang memiliki cabang dimana-mana tetapi juga wirausaha yang kegiatannya termasuk dalam Usaha Kecil Menengah atau disebut juga UKM. Dengan adanya pengusaha- pengusaha yang banyak maka akan membuat perekonomian suatu negara meningkat. Banyak hal yang kita dapat dari hasil wirausaha, sepeti meningkatkan perekonomian, selain itu wirausaha dapat membuat penduduk suatu negara atau masyarakat dapat mandiri. Setiap orang dapat bebas untuk berimajinasi, berpikir, berkreativitas dalam berwirausaha. Sedangkan salah satu yang menunjang dalam wirausaha adalah pemasaran dan sumber daya manusia, pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatankegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Sumber daya manusia merupakan suatu potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam
wikipedia, Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Agar produk yang
dipasarkan dapat berhasil, maka perusahaan harus menggunakan konsep pemasaran yang meliputi manfaat, mutu atau kualitas dan kepuasan antara kebutuhan dengan keinginanan, sehingga perusahaan akan memperoleh target penjualan yang diinginkan. Dengan adanya analisis bussines plan yang baik kegiatan pemasaran akan berjalan efektif yaitu dengan promosi dengan menggunakan brosur, banner, dan juga informasi interaksi pada umumnya. Sedangkan sumber daya manusia sangat diperlukan guna meningkatkan mutu dan kualitas produk yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brackman, Rabi Levi & Sam Jaffe, Sukses Bisnis Cara Yahudi, Cetakan Pertama, Penerbit PPM, Jakarta, 2008.

Gill, James O, Dasar – Dasar Analisis Keuangan, Cetakan Keempat, Penerbit PPM, Jakarta, 2006.

Hendro, Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha, Cetakan Pertama, Penerbit CLA Publishing, Bekasi, 2009.

http://digilib.petra.ac.id (10 Jan 2011)

http://e-course.usu.ac.id (7 Jan 11)

http://id.wikipedia.org (7 Jan 2011)

http://ridwaniskandar.files.wordpress.com (7 Jan 2011)

Kasali, Rhenald, dkk, Modul Kewirausahaan, Cetakan Pertama, Penerbit Hikmah (PT Mizan Publika), Jakarta, 2010.

Mudiadji, Iri, Diktat Pengantar Bisnis, Jakarta, 2007

Downloads

Published

20-07-2022

How to Cite

Kasih, E., & Philip, B. . (2022). Bussines Plan Kuliner Nusantara. Studia Ekonomika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v6i1.13