Peranan Pelayanan Keagenan Dalam Produktivitas Kunjungan Kapal Pada PT. Bahtera Adhiguna (Persero) Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v10i1.32Keywords:
Produktivitas, Agen, Sumber Daya ManusiaAbstract
Negara Republik Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau besar dan kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke sehingga dibutuhkan perekat antar pulau agar tetap satu kesatuan Negara Republik Indonesia, menyebabkan transportasi laut menjadi media perekat yang sangat penting, disamping perekat, transportasi laut juga digunakan untuk mendistribusikan barang dan jasa guna mempercepat pertumbuhan ekonomi. Peranan transportasi laut merupakan bagian yang sangat bermanfaat bagi perekonomian suatu negara, ini berarti adanya hubungan transportasi antar pulau atau antar negara dilakukan melalui sarana transportasi. Peranan pelayanan keagenan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas kunjungan kapal. Sedangkan produktivitas adalah perbandingan antara hasil dari suatu pekerjaan karyawan dengan pengorbanan yang telah dikeluarkan.peningkatan produktivitas dapat dicapai dengan menekan sekecil-kecilnya segala macam biaya termasuk dalam memanfaatkan sumber daya manusia (do the right thing) dan meningkatkan keluaran sebesar-besarnya (do the thing right). Dengan kata lain bahwa produktivitas merupakan pencerminan dari tingkat efisiensi dan efektivitas kerja secara total. Dalam melaksanakan tugas keagenan, general agent akan menunjuk port agent sebagai pelaksana di cabang dan bila suatu pelabuhan tidak mempunyai cabang, general agent akan menunjuk cabang dari perusahaan pelayaran lain sebagai subagent. Untuk melaksanakan tugas-tugasnya, keagenan mempunyai fungsi menyusun program operasional keagenan berdasaran kebijaksanaan perusahaan, baik untuk pelayaran liner maupun tramper, memonitor pelaksanaan penanganan/pelayanan keagenan yang bersifat kegiatan fisik muatan maupun kegiatan jadwal kedatangan dan berangkat kapal, mengadministrasikan kegiatan keagenan. Sumber daya manusia juga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas kunjungan kapal
Downloads
References
Alex S. Nitisemito, Marketing, Penerbit Ghalia Indonesia Jakarta, Tahun 1991
Amir ms, Ekspor Impor, 1996
Buchari Alma, Mnajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Penerbit Alfa Beta, Bandung, Tahun 1992
Capt. R. P Suyono, Shpping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor melalui Laut
Diklat INSA Surabaya, Manajemen Pelayaran NiAGA, 1993
F.D.C Sudjatmiko, 1997, Pelayaran Niaga, Bahtara Aksara, Jakarta
Keputusan Metri Perhubungan No. KM.10. Tahun 1998 Tanggal 26 Februari 1998
Philip Kotle, Marketing Management, TerjemahanZ.D. Enna Tamini, Ra.Rivai, R.Sitompul
Radiks Purba, Angkutan Muatan Laut
Sunarno, SH, Sistim dan Prosedur Kepabeanan Di BIdang Ekspor, 2007
T. Hani Handoko, Manajemen Edisi 2, 2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2012 STIE Kasih Bangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.