Pengaruh Mindfulness, Self Control Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa

Authors

  • Benardi Benardi STIE Kasih Bangsa
  • Cahyatih Kumandang STIE Kasih Bangsa
  • Gibrananda Putra Kanaan STIE Kasih Bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness dan self-control terhadap tingkat stres mahasiswa Indonesia. Stres merupakan fenomena umum yang dialami mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Selama perkuliahan, mahasiswa diberikan sejumlah tugas dan materi yang kadang sulit untuk dipahami sehingga tidak sedikit mahasiswa yang mengalami stres. Tingkat stres yang tinggi dapat berdampak negatif pada kesejahteraan siswa, dan kesehatan mental secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan variabel independen yaitu pengaruh mindfulness (x1), self-control (x2). Dan variabel dependen yang digunakan adalah penurunan tingkat stres (y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (judgmental sampling), di mana kriterianya tetap dengan 100 responden. Pengujian menggunakan software SPSS untuk melakukan pengujian asumsi klasik. Uji asumsi klasik dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti apakah hasil regresi yang dilakukan terbebas dari masalah atau tidak. Ada beberapa uji asumsi klasik yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) mindfulness (x1) dan self-control (x2) berpengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat stres (y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baer, R. A. (2003). Mindfulness Training as a Clinical Intervention : 1998, 125–143. https://doi.org/10.1093/clipsy/bpg015

Baumeister, R. F., Heatherton, T. F., & Tice, D. M. (2011). Losing Control : How And Why People Fail At.

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The Benefits of Being Present: Mindfulness and Its Role in Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822–848. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.4.822

Chaidir, M., & Andi, A. (2017). Preferensi Mahasiswa Stie Kasih Bangsa Dalam Menentukan Pemilihan Operator Seluler. KABA Journal of Accounting, Management & Entrepreneurship, 15(1).

Hagger, M. S., Wood, C., Stiff, C., & Chatzisarantis, N. L. D. (2010). Ego Depletion and the Strength Model of Self-Control : A Meta-Analysis. 136(4), 495–525. https://doi.org/10.1037/a0019486

In-, C. I. D. (2005). Prevalence, Severity, and Comorbidity of 12-Month. 62(June).

Kabat-Zinn, J. (2003). Mindfulness-based interventions in context: Past, present, and future. Clinical Psychology: Science and Practice, 10(2), 144–156. https://doi.org/10.1093/clipsy/bpg016

Kasih, E., Ruslaini, & Purnama, C. (2014). Pemeriksaan Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada Pt Raja Kamar International. KABA Journal of Accounting, Management & Entrepreneurship, 12(2).

Keng, S., Smoski, M. J., & Robins, C. J. (2011). Clinical Psychology Review Effects of mindfulness on psychological health : A review of empirical studies ☆. Clinical Psychology Review, 31(6), 1041–1056. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2011.04.006

Rani Widya Anggraeni, & Diany Ufieta Syafitri. (2022). Hubungan antara Mindfulness dengan Stress pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Hukum Universitas Haluoleo Kendari. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(3), 880–890. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.4890

Sugiharti, T., Ruslaini, & Kasih, E. (2021). The Influence of Principal Leadership, PE Teacher Professional Competence and Teacher Workload toward Sports Achievement in Dieng. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 205–213.

Downloads

Published

31-01-2024

How to Cite

Benardi, B., Kumandang, C., & Putra Kanaan, G. . (2024). Pengaruh Mindfulness, Self Control Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa. KABA Journal of Management &Amp; Entrepreneurship, 22(1), 15–22. Retrieved from https://jurnal-mnj.stiekasihbangsa.ac.id/index.php/kbjme/article/view/179